MudaIndonesia

Crayonala, Pensil Warna yang Aman Bagi Anak-anak

Pensil warna atau biasa juga disebut crayon adalah salah satu jenis peralatan kreatif anak. Entah untuk mewarnai, menggambar, ataupun menulis. Crayon menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi anak untuk bermain sambil belajar.

Di pasaran, crayon bermacam-macam jenis dan harganya. Ada yang murah, ada pula yang mahal. Namun apakah sebenarnya crayon cukup aman bagi kesehatan anak? Karena banyak sekali crayon yang berada di pasaran terbuat dari minyak bumi dan bahan kimia lainnya. Tentunya hal itu tidaklah cukup baik bagi tubuh anak karena aktivitas penggunaan crayon oleh anak sangat rentan masuk ke tubuh.

Melihat fenomena yang dirasa tidak baik dan harus segera dicarikan solusinya ini, mahasiswa Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta membuat crayon yang lebih aman dengan memanfaatkan bahan dari lilin dan sarang lebah.

Adalah Monica Meitasari, Sina Susanti, Priska Nadya, Ade Yuniati, dan Dea Puput A yang menjadi penggeraknya. Mereka berlima sepakat bahwa kalau crayon mereka relatif aman jika sampai masuk ke dalam tubuh anak-anak.

Produk yang diberi nama Crayonala tersebut dibuat di kos masing-masing. Proses pembuatannya diawali dari pemanasan beeswax (sarang lebah) hingga menjadi cairan kental, kemudian dicampur dengan minyak dan pewarna. Lalu dicetak dalam wadah cetakan yang terbuat dari kayu.

“Produk ini di Indonesia belum ada. Kami terinspirasi dari luar negeri,” ungkap Monika.

Harga dari satu kemasan Crayonala adalah Rp 12.000. Model pembelian memakai cara pre-order.

Crayonala ternyata sudah digandrungi oleh para konsumen. Monica mengungkapkan bahwa ada sekitar 200 pack yang habis. Beberapa pesanan juga ada yang dari luar Jogja.

“Ke depannya, kami ingin bekerjasama dengan pihak lain karena kita juga sudah sibuk dengan proposal akhir. Inginnya kan produksi masih tetap lanjut,” pungkasnya mahasiswa cantik asal Kendal, Jawa Tengah tersebut.

Muhammad Irkham Abdussalam

Muhammad Irkham Abdussalam

2 comments

Most popular

Most discussed