MudaIndonesia

Cyntia Lulus Kedokteran Unpad 7 Semester dengan IPK 3,99

MUDAINDONESIA.COM – Banyak orang menganggap Ilmu Kedokteran itu sulit. Tapi tidak demikian bagi Cynthia Kurniawan. Dia bisa menyelesaikan Pendidikan Kedokteran Unpad hanya dalam 7 semester dengan IPK nyaris sempurna: 3,99. Hebat, bukan?

Berkat prestasinya itu, Cyntia dinobatkan sebagai wisudawan terbaik program sarjana dalam Wisuda Tahap II Universitas Padjajaran Bandung awal Februari 2015 lalu.

Bagaimana Cyntia bisa melakukan itu? Dara kelahiran Jakarta, 29 Maret 1993 ini mengaku, selama kuliah ia berusaha mamahami materi, bukan menghafalnya.

“Banyak orang yang kira kalau di kedokteran itu kerjanya menghapal. Kalau saya sih sebenarnya tidak terlalu suka menghapal. Jadi lebih baik itu dimengerti materi-materinya,” tutur Cyntia.

Selain itu, Cyntia membaca sebanyak mungkin referensi dan mendiskusikannya dengan teman-teman. Sistem belajar di FK Unpad yang menerapkan student based learning pun sangat membantunya dalam memahami materi pelajaran.

Setelah membaca materi yang akan dipelajari, ia pun mendiskusikannya bersama kelompok kecil di kampus dengan didampingi dosen sebagai tutor.

“Tapi kalau misalnya diskusi saja tanpa baca terlebih dahulu itu susah, karena kita enggak tahu apa yang mau didiskusikan. Kita perlu baca dulu, nanti diskusi sama teman-teman jadi lebih nempel, lebih nangkep,” ujarnya.

Berpresasi di bidang akademik bukan berarti Cyntia tak aktif di kegiatan kemahasiswaan. Ia melakukan banyak aktivitas sebegaiamana mahasiswa aktivis.

Selama kuliah, Cynthia aktif di sejumlah organisasi kemahasiswaan seperti Persekutuan Mahasiswa Kristen FK Unpad, Science Research Center FK Unpad, dan Center for Indonesian Medical Student Association. Ia selalu bisa membagi waktu antara sejumlah kegiatannya tersebut.

Cynthia sendiri sudah bercita-cita menjadi dokter semenjak ia kecil. “Dari kecil memang sudah ingin masuk kedokteran, terus memang saya juga tertarik sama materi yang harus dipelajari,” tutur putri pertama dari pasangan Kon Teddy Kurniawan dan Inderia.

Ia mengaku sangat bersyukur berhasil menjadi salah satu wisudawan terbaik di Unpad. Meski bukan menjadi target, tetapi ia sangat senang karena bisa membanggakan orang tua.

Rahmat Petuguran

Rahmat Petuguran

Add comment

Most popular

Most discussed