MudaIndonesia

Danni Febriana Mengkritik dengan Karya

Danni Febriana adalah pelukis muda. Karyanya dipamerkan di aneka galeri. Salah satu lukisannya menjadi nominasi juara dalam nominasi Indonesia Art Award 2015.

Pelukis mestinya bisa menjadi filsuf masa depan. Pelukis mampu memberi kritik dan pandangan mengenai perubahan sosial dengan cara yang artistik. Itulah mengapa seniman bisa bekerja secara mandiri, kreatif, dan cerdas.

Begitulah ungkapan Danni Febriana, mahasiswa Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mahasiswa asal Cilacap ini telah berkecimpung di dunia seni sejak  tahun 2012.

Kariernya diawali dengan bergabung pada manajemen pameran dan kritikus seni di kampusnya. Pada tahun 2014, ia menjadi pengelola komunitas seniman Kubu Rupa.

Selain itu, ia juga menjadi salah satu pendiri komunitas Volume Art Collective dari tahun 2014 hingga sekarang. Dari komunitas itulah Danni mulai tergerak untuk menelurkan karya-karya seni yang membuatnya menjadi seniman yang cukup terkenal seperti saat ini.

Dalam perjalanannya menjadi pelukis profesional, Danni telah menerima banyak penghargaan. Titik puncak awal kariernya dimulai di tahun 2015. Karyanya yang berjudul “Alter Ego”, “Apel Emas”, dan “Shocking Beauty is Goat” masuk dalam nominasi Indonesia Art Award 2015.

Hal ini membuatnya menjadi mahasiswa Unnes pertama yang dapat memamerkan karyanya ke Galeri Nasional Indonesia.

Setahun kemudian, Danni menjadi finalis UOB Award Indonesia 2016 dengan lukisan yang bertajuk “Hening di Antara”. Lukisan hitam putih dengan gadis bertato di antara pria-pria berjas dan berkepala kambing tersebut masuk dalam kategori Emerging Artist bersama dengan 20 pelukis terbaik se-Indonesia.

Selain meraih beberapa nominasi, karya Danni yang berjudul “Face Identity” menarik perhatian media massa nasional Detik untuk  membuat liputan khusus mengenai lukisan tersebut.

Lukisan “Face Identity” tersebut terinspirasi dari bintang Korea Song Hye Kyo yang berdiri hening di antara putih bulu yang bertaburan terbingkai hitam ala border yang biasa terlihat di televisi.

Terhubung dan Bekerja Sama dengan Danni:

Tautan:
Menjamurnya KPop, Seniman Danni Febriana Bikin Lukisan Song Hye Kyo

Rahmat Petuguran

Rahmat Petuguran

Add comment

Most popular

Most discussed