MudaIndonesia

Dhesy Purnawati, Mantap Hati Memilih Sinden

Usia Dhesy Purnawati masih relatif muda. Tetapi dia sudah memantapkan pilihan hidup menjadi sinden. Ia ernah terpilih sebagai sinden terbaik dalam kompetisi Sindel Idol beberapa tahun lalu.

Saat umumnya anak muda memilih seni pop, Dhesy Purnawati jatuh hati pada seni tradisi. Mahasiswa S-2 Pendidikan Bahasa Unnes ini menetapkan diri menekuni dunia sinden. Dan dunia itu sudah lama dia tapaki dengan tekun  melatih diri, sebab dia ingin total menjadi sinden.

Ketekunan itu berbuah bagus. Dhesy menjadi Juara 1 Kategori Dewasa Sinden Idol  2014. Penghargaan itu dia terima di Grhadika Bhakti Praja, Kompleks Gubernuran, Jl Pahlawan Kota Semarang, akhir 2014. Dengan begitu, ia tercatat ke dalam daftar sinden terbaik di Jawa Tengah, bahkan Indonesia.

Saat mengikuti Sinden Idol 2014, gadis kelahiran Blora itu menyisihkan empat pesaingnya. Juara 2 dan 3 diraih Eka Suranti dan Eni Lestari. Adapun Juara Harapan 1 dan 2 diraih Riris Kumalasari dan Iga Wahyu Cita Dewi.

Dhesy mengatakan, dirinya tidak menyangka bisa memenangi kompetisi yang terselenggara atas kerja sama Pemprov Jawa Tengah dan Unnes tersebut. Alasannya, puluhan pesaingnya pada saat audisi memiliki suara yang bagus dan mumpuni dalam jagat sinden.

“Kemenangan ini memotivasi saya untuk lebih mantap memilih seni tradisi dan lebih tekun mempelajari sinden,” kata Dhesy sesaat setelah menerima hadiah.

Menurutnya, kompetisi Sinden Idol berdampak positif terhadap jagat seni tembang Jawa. Lebih-lebih lagi, acara itu bisa menjadi pemicu bagi generasi muda untuk peduli dan mempelajari kesenian.

Sebelum memenangi Sinden Idol, Dhesy telah berpengalaman nyinden di berbagai tempat. Bersama kawan-kawan dari UKM Kesenian Jawa, dia berulang kali memenuhi undangan pentas. Bahkan, ia juga pernah ke Prancis untuk memperkenalkan seni tradisi Indonesia kepada masyarakat Eropa. (*)

 

Muda Indonesia

Muda Indonesia

Add comment

Most popular

Most discussed