MudaIndonesia

Dwi Fahmi Ilmiawan, Peneliti Infrastruktur

Nama lengkapnya Dwi Fahmi Ilmiawan. Teman-temannya biasa memanggil dirinya Fahmi. Dan kemungkinan, tidak banyak yang tahu tentang dirinya. Apa pasal?

Fahmi sangat pendiam. Hampir selalu dia menghadapi segala sesuatu sendirian, tanpa melibatkan orang lain. Tetapi dia akan menolak bila diberi predikat introvert. “Pendiam iya, tapi introvert tidak,” sergah pemuda yang lahir di Pemalang, 31 Juli 1993 dari pasangan Wahyu dan Kusmiati itu

Kenapa dia tak pernah melibatkan orang lain? Apakah dia tak suka berbagi pelbagai hal dengan orang lain?

Fahmi tentu punya alasan, dan alasan itu menjadi prinsipnya. “Jika sesuatu itu jadi masalah saya, maka orang lain tidak harus tahu masalah tersebut,” ujarnya.

Sebenarnya, sejak menginjakkan kaki di Bumi Sekaran untuk berkuliah di Unnes, Fahmi mengalami banyak transformasi secara psikologis. Dia menyadari karakter pendiamnya, tapi tekadnya kuat untuk berbaur dengan lingkungan, dengan orang-orang di sekitarnya. Seiring waktu, Fahmi sudah bisa terlibat dalam berdiskusi dan bertukar pikir dengan orang lain.

Di balik semua itu, Fahmi adalah sosok yang sangat peduli terhadap keluarganya, terutama saudara-saudaranya. “Saya tidak suka menggenggam prestasi sendirian tanpa melibatkan adik-adik saya. Karena itulah, saya selalu mengajak mereka ikut dalam berbagai perlombaan.”

Perlombaan yang dimaksud adalah lomba-lomba yang berkaitan dengan dunia ilmiah. Fahmi memang aktif di lembaga keilmiahan, mulai dari tingkat jurusan, fakultas hingga universitas. Dari lembaga itulah, dia sering sekali ikut lomba karya tulis ilmiah.

Pada tahun ketiga keterlibatannya di lembaga ilmiah itu, Fahmi diberi amanah sebagai ketua lembaga keilmiahan tingkat fakultas yang bernama Student Scientific Center.

“Pada pertengahan tahun tersebut, saya mengirimkan sebuah abtraksi karya tulis ke suatu perlombaan. Karya saya dinyatakan lolos dan saya diminta hadir ke kampus tersebut untuk melakukan presentasi.”

Perlombaan tersebut diselenggarakan BEM FMIPA UNJ melalui sebuah kegiatan bernama “Konferensi Ilmuwan Muda Indonesia”.

Hasil yang sangat menggembirakan Fahmi terima. Timnya menjadi Juara 1 Oral Presentation dengan subtema “Resilience & Infrastruktur.

“Ini kebanggan yang luar biasa karena dapat membawa nama Unnes berdiri tegak bersama perguruan tinggi lain. Ini juga membuktikan bahwa mahasiswa Unnes tidak kalah dengan perguruan tigggi lain dalam memberikan gagasan yang bermanfaat bagi masyarakat.” (*)

Muda Indonesia

Muda Indonesia

Add comment

Most popular

Most discussed