MudaIndonesia

Dwi Tiga Putri (Atlet Woodball, Kudus), Dari Lapangan Mengharumkan Indonesia

Dwi Tiga Putri mempersembahkan medali emas pertama bagi kontingen Indonesia dalam Asian Beach Games (ABG) 2014 di Phuket, Thailand. Ia tampil dominan saat berhadapan dengan atlet Thailand Siripat Karinit.

Turun pada nomor Women’s Fairway cabang woodball, Dwi unggul 3-2 pada partai final yang berlangsung di Pantai Karon.

Prestasi itu tentu membanggakan. Bahkan Menteri Pemuda dan Olahraga RI  Imam Nahrowi berharap, emas raihan Dwi dapat menyemangati atlet lain. Setidak-tidaknya, prestasi kontingen Indonesia telah lebih baik dari ABG 2012 di Haiyang, Tiongkok.

Awalnya, Dwi Tiga Putri yang akrab disapa Putri itu tak tahu-menahu tentang dunia woodball. Hanya saja, ketika dikenalkan oleh pelatihnya, Kiswantoro, Putri langsung kepincut. Dia bergabung ke dalam Tim Woodball Unnes pada 2009. Dan itu rupanya jadi pintu pembuka bagi mahasiswi asal Kudus ini untuk meraup prestasi.

Pada 2009 Putri masuk ke dalam peringkat dua Timnas yang membela Indonesia dalam kejuaraan Asian Beach Games ke- 2 di Oman, dan pada 2011 dia juga mengikuti kejuaraan internasional di Taiwan dan Malaysia.

Kendala

Apakah jalan menuju kesuksesan yang diraih Putri begitu lempang?

“Pasti ada kendala untuk menuju kesuksesan,” kata Putri saat ditanya tentang restu orang tuanya terhadap apa yang dia lakukan.

Ya, kendala itu berupa ketidaksetujuan ayah Putri. Ketidaktahuan sang ayah tentang woodball sempat membuat gadis kelahiran Kudus, 15 Oktober 1989 “berahasia-rahasia” dalam berlatih olahraga tersebut.  Menyembunyikan apa yang dia lakukan itu bahkan sampai Putri meraih medali perunggu pada ajang World University 2014 di Perlis, Malaysia.

Restu itu baru datang manakala dirinya berhasil meraih medali emas pada Asian Beach Games 2014 di Phuket, Thailand.

Sebelum kepincut woodball, Putri pernah bergabung ke dalam klub bola voli pada masa SMP. Dia juga pernah bergabung dalam tim sepakbola Galanita Unnes dan sempat mengikuti Kejurnas di Jakarta pada Agustus 2008.

Di luar itu, sebagai anak yang dilahirkan dari keluarga yang tidak berpendidikan tinggi, Putri termotivasi untuk menyelesaikan studi S-2-nya di Unnes. Sekarang di sela-sela kesibukannya mengajar di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes, dia sedang mempersiapkan diri untuk persiapan Kejurnas Woodball di Bali. (*)

 

Muda Indonesia

Muda Indonesia

Add comment

Most popular

Most discussed