MudaIndonesia

Lima Mahasiswa UB Ciptakan Helm Lipat dan Berpendingin

Helm menjadi salah satu bagian terpenting dari pengendara motor demi keselamatan. Membeli motor baru pasti mendapatkan bonus helm. Bisnis helm pun meraja di dunia. Berbagai inovasi terkini terbaru mulai dari desain hingga ketahanan terus ditingkatkan kualitasnya.

Namun masih ada berbagai persoalan di luar desain dan ketahanan dari helm, yaitu ukuran dan rentangnya pencurian terhadap helm. Peluang ini dimanfaatkan oleh kelima mahasiswa Universitas Brawijaya untuk menciptakan inovasi helm yang tidak hanya sekadar kuat dan berdesain bagus, namun juga ukuran dan masalah pencuriannya yang diminimalisir.

Adalah Dharma Sucipto, Reinhartd Alexandro, Dwi Novanda Sari, Rofifah Yusadi, dan Imam Zaky yang menggagas helm unik tersebut. Mereka bahkan mengklaim bahwa helm tersebut adalah buatan pertama di dunia.

Helm lipat hasil karya mereka menembus batas kelemahan pada helm-helm saat ini. Helm saat ini berukuran besar, berat dan tidak praktis. Hal itu pun ditambah seringnya kasus kehilangan pada helm di tempat parkir. Dharma mengungkapkan bahwa helm biasa mengakibatkan gatal dan keringat jika digunakan terlalu lama.

Helm lipat kreasi mahasiswa tersebut diberi nama X-FLEM (Extra Cool Folding Helmet) yang bisa dilipat hingga 40 persen dari helm biasa sehingga bisa dimasukkan ke dalam tas. Selain itu, inovasi pada helm ini adalah fasilitas pendingin yang mampu menyerap panas 21 persen karena menggunakan fiber sebagai bahan utama.

“Melipat helm ini tidak sampai 10 detik. Harga X-FLEM di pasaran 180 ribu rupiah dengan dua tipe,” ujar Dharma.

 

Muhammad Irkham Abdussalam

Muhammad Irkham Abdussalam

Add comment

Most popular

Most discussed