MudaIndonesia
TUGAS MKU BAHASA INDONESIA 19/10/2015

TUGAS MKU BAHASA INDONESIA 19/10/2015

Jawaban No. 2
2.
Indonesia pantas disebut sebagai surga makanan. Sebab, Indonesia memiliki ribuan jenis makanan di berbagai daerah di Indonesia. Bahkna dalam satu daerah, masyarakat bisa memiliki beberapa jenis makanan sekaligus.
5.
Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan unsur yang sangat penting dalam perlindungan terhadap tenaga kerja untuk dapat meningkatkan produktivitas. Salah satu aspek yang perlu mendapat perhatian adalah perlindungan tenaga kerja melalui program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Program K3 bertujuan untuk menjamin setiap tenaga kerja dan orang-orang yang berada di tempat kerja dalam keadaan aman dan selamat dari risiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi.
7.
Sebagian relief-relief yang melukiskan bermacam ornamen itu kini tidak tampak utuh lagi. Dari tahun ke tahun tampaknya mengalami kerusakan, baik karena usia, tidak bersahabatnya cuaca dan keganasan alam akibat gempa, ulah manusia, dan lain-lain. Hal ini sangat jelas terlihat ketika relief yang ada sekarang ini dibandingkan dengan dokumen hasil pemotretan beberapa dekade atau satu abad yang lalu.
10.
Kecerdasan sosial perlu dilatihkan kepada siswa sejak mereka berusia dini. Guru dan orang tua dapat membimibing siswa mengenali relasi sosial yang ada pada anak bersangkutan. Dengan cara seperti itu siswa akan mudah menempatkan diri terhadap orang lain di sekitarnya. Hal ini bermanfaat agar anak dapat memerankan peran sosialnya dalam masyarakat, baik masyarakat kecil dalam komunitas maupun masyarakat besar.
6.
Ganda putra Indonesia, Gideon Markus Fernaldi/Kevin Sanjaya Sukamuljo, memenuhi ambisi meraih gelar pertama dengan menjuarai Chinese Taipei Open Grand Prix 2015, Minggu (18/10/2015). Markus/Kevin memenangi pertandingan final yang berlangsung di Hsing Guang Gymnasium, Taipei, dengan mengalahkan ganda Malaysia, Hoon Thien How/Lim Khim Wah, 21-12, 21-8.
9.
Zakat dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat terutama untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan dan menghilangkan kesenjangan sosial, karena kemiskinan adalah Suatu standar tingkat hidup yang rendah, yaitu adanya suatu tingkat kekurangan materi pada sejumlah atau segolongan orang dibandingkan dengan standar kehidupan yang umum berlaku dalam masyarakat yang bersangkutan. (Suparlan, 1984). Masyarakat Kota Semarang pada dasarnya memiliki potensi yang besar untuk melaksanakan kewajiban zakat, dengan potensi zakatnya sekitar Rp. 369.020.400.000.
8.
Partisipasi politik dalam arti luas menurut Michael Rush dan Phillip Althoff ( 1983:117) adalah keterlibatan individu di dalam aktivitas politik pada sebuah sistem politik, sedangkan secara sempit menurut Herbert McClosky (dalam Damsar, 2010: 180) partisipasi politik merupakan kegiatan-kegiatan sukarela dari warga masyarakat melalui mana mereka mengambil bagian dalam proses pemilihan penguasa. Intinya di sini adalah keikutsertaan warga negara atau penduduk dalam berbagai kegiatan politik dengan acuan utama dan universal adalah pada pemilu. Jika mengacu pada pendapat McClosky maka tidaklah berlebihan timbul berbagai hal yang menarik dan sekaligus memiriskan dalam kegiatan Pemilu maupun Pemilukada.

4.
SUNGGUHPUN sudah menelan korban lantaran telah berlangsung dalam hitungan bulan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan bahwa kabut asap bukan bencana nasional. Bagaimana mungkin kabut asap yang dampaknya lintas desa, lintas kecamatan, lintas kabupaten, lintas kota, lintas provinsi, lintas pulau, bahkan lintas negara belum dianggap sebagai bencana nasional? Sementara itu, kasus Lapindo, yang menelan satu kecamatan, Porong, sudah ditetapkan sebagai bencana nasional. Apakah keputusan tersebut diambil karena musibah ini tidak berlangsung di Jakarta atau Jawa?
1.
Saat didirikan pada 1997 FLP hanya memiliki sekitar 30 anggota yang merupakan penganggas dan peserta diskusi di masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia. Para pendirinya merupakan mahasiswa, aktivis dakwah kampus, dan dosen yang memiliki keprikhatinan tentang kondisi kesusasteraan di Tanah Air. Mereka kemudian bergerak mendirikan komunitas yang tidak terikat dengan organisasi mana pun yang telah ada. Dari situ tampak bahwa FLP merupakan komunitas yang mandiri dan independen karena tidak menjadi subordinasi organisasi atau komunitas lain. Namun demikian, FLP dapat dibaca sebagai jaringan dari sebuah gerakan tarbiyah yang sedang melakukan ekspansi ke Indonesia dan negara-negara lain.
3.
Tiap 28 Oktober saya teringat soto. Hari itu, di tahun 1928, ketika para pemuda menyatakan bersumpah untuk memiliki “satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa”, tak terdengar ada kesepakatan untuk punya “satu soto, soto Indonesia”.

Jawaban No. 3
Berdasarkan hasil diskusi kelompok yang kami lakukan, kami menyimpulkan bahwa pemahaman kalimat pada setiap paragraf oleh kelompok kami sangat bervariasi dan juga relatif tergantung dari wawasan sang pembaca. Tetapi setelah kami diskusikan lebih seksama, kami kembali menyimpulkan dan mengerucutkan pemikiran kami menjadi satu sehingga kami berpendapat alasan paragraf pertama mudah dipahami karena penggunaan bahasa mudah dimengerti, inti dari apa yang ingin penulis ungkapkan dapat dipahami oleh para pembaca dengan mudah. Sedangkan alasan mengapa paragraf terakhir sulit dipahami dikarenakan inti yang ingin disampaikan oleh penulis tidak tersampikan dengan baik kepada pembaca meskipun bahasa yang digunakan sudah sangat sederhana.
Jawaban No. 4
Berdasarkan hasil diskusi kelompok yang kami lakukan, kami berpendapat bahwa agar paragraf lebih mudah dipahami oleh para pembaca sebaiknya paragraf tersebut menggunakan kalimat efektif yang memenuhi unsur:
1. Terstruktur
2. Logis
3. Lugas
4. Hemat
5. Sejajar
Sehingga para pembaca dapat menemukan inti dari apa yang diungkapkan oleh penulis.

Bandhu Nara

bandhu pradipta N

Add comment

Most popular

Most discussed